headd

Jumat, 13 April 2012

Tips Agar Anak Menguasai Bahasa Inggris Sejak Kecil (untuk Orang tua)

Dear, membuat anak berminat dan ingin belajar Bahasa Inggris terkadang kita rasakan ada susah dan mudahnya, apalagi kalau si anak malas belajar dan kadang nakal nya minta ampun. Dear,seperti yang kita ketahui di era globalisasi ini anak kita yang merupakan penerus bagi masa depan yang dituntut memiliki keahlian dalam bahasa Inggris, tentunya untuk kebaikan dia sendiri di masa depan.Oleh karena itu harus ada Tips-Tips agar anak dengan dapat menguasai bahasa Inggris sejak kecil. Yaitu :

  • Untuk anak-anak usia 3-6 tahun, kita harus memfokuskan pada pengembangan pengertian bahasa, kemampuan bersosialisasi, dan kemampuan kognitif yang baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah anak Indonesia berusia 3-6 tahun, kita sebagai orang tua menciptakan suasana berbahasa Inggris di rumah, sehingga anak-anak bisa terus berlatih di luar kelas. Lakukan pengajaran yang simple saja seperti "please close the door!", "good morning", "good night, have a nice dream", "mommy,daddy" dll. Mudah bukan? lakukan setiap hari lama-lama mereka akan terbiasa dan menghafalnya. Selain itu, berikan mereka drawing book bahasa inggris tidak usah dijelaskan dengan detail, mereka akan kebingungan jadi hanya untuk memberikan mereka sedikit bayangan dan sambil melatih kemampuan mereka dalam melukis.
  • Untuk anak-anak usia 7-10 yang merupakan anak-anak siswa SD. Kita harus sudah memulai bertujuan untuk membantu anak-anak memiliki dasar bahasa Inggris yang kuat, agar mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik dan fasih di masa depan. Pengajaran formal mereka tentunya sudah lumayan cukup di sekolah mereka. Namun kita pun tak boleh lengah. Pengajaran yang harus kita berikan harus menarik dan menantang bagi anak-anak usia SD. Pengajarantersebut harus sudah berupa keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis agar membantu anak-anak memperoleh kemajuan luar biasa dalam kemampuan berbahasa Inggris mereka. Contohnya yaitu dengan game-game bahasa inggris, menyanyikan lagu berlirik bahasa Inggris, menulis biodata menggunakan bahasa inggris, dll. Dalam segi percakapan dalam sehari-hari, kita dapat menggunakan kata atau kalimat yang lebih berbobot, seperti "look at me", "you smart dear", dll. Serta alangkah baiknya jika kita dapat meluangkan banyak waktu untuk membahas pelajaran mereka di sekolah.
  • Untuk anak-anak usia 11-14 tahun, atau anak sudah mencapai keremajaan mereka dan menginjak bangku SMP, pengajaran kita harus bertujuan untuk mengembangkan keahlian bahasa Inggris anak secara keseluruhan, guna mempersiapkan mereka melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. metode yang kita gunakan yaitu pengajaran bahasa Inggris yang profesional, yang mencakup keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis, dan membantu mereka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dalam lingkup structure seperti tenses, modal, dll tentunya sudah mereka ketahui di sekolah kita tinggal melatih nya saja contohnya membacakan dan menerangkan sambil menterjemahkan sebuah short story,  melatih speakingnya dengan menyuruhnya menceritakan kegiatan sehari-hari dengan tenses tertentu,dll
  • Untuk anak-anak berusia 15-17 tahun, kebanyakan siswa dalam kelumpok usia ini sudah memiliki keterampilan bahasa Inggris dasar dalam mendengar, berbicara, menulis, tata bahasa, dan kosakata. Maka, kita harus memfokuskan pengajaran untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris terpadu dalam lingkungan bahasa Inggris murni yang akan menjadi sangat berguna saat siswa menghadapi ujian masuk universitas nantinya bahkan mungkin interview pekerjaan mereka. Hal terpenting yang harus diajarkan adalah cara agar siswa memiliki wawasan luas dan bisa menjadi penduduk dunia yang penuh percaya diri. Contohnya yaitu dengan mencari berbagai macam lomba seperti speech contest, story telling,dll. Bujuk mereka agar mau mengikuti perlombaan tersebut, dan kita juga bisa mengajak mereka karouke di rumah menyanyikan lagu bahasa inggris,dll. Jadi lebih menekankan keberanian dan kepercayaan diri mereka dalam berbicara dan materi2 bahasa Inggris.
Itu semua adalah tip-tips agar anak menguasai Bahasa Inggris sejak kecil. Semoga berguna ya Dear big smile :)
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 komentar:

Posting Komentar